Sabtu, 19 November 2011

Apa itu GSM Modem?


Apa itu GSM Modem? (Atau GPRS Modem atau Modem 3G??)
Sebuah modem GSM adalah jenis khusus dari modem yang menerima kartu SIM, dan mengoperasikan lebih dari berlangganan ke operator selular, seperti telepon seluler. Dari perspektif operator seluler, modem GSM tampak seperti ponsel.
Ketika modem GSM terhubung ke komputer, ini memungkinkan komputer untuk menggunakan modem GSM untuk berkomunikasi melalui jaringan selular. Meskipun modem GSM yang paling sering digunakan untuk menyediakan konektivitas mobile internet, banyak dari mereka juga dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan SMS dan MMS.
Modem GSM dapat menjadi perangkat modem yang berdedikasi dengan, serial USB atau koneksi Bluetooth, atau bisa menjadi ponsel yang menyediakan kemampuan GSM modem.
Untuk tujuan dokumen ini, istilah modem GSM digunakan sebagai istilah umum untuk mengacu pada setiap modem yang mendukung satu atau lebih protokol dalam keluarga evolusi GSM, termasuk 2.5G teknologi GPRS dan EDGE, serta 3G teknologi WCDMA, UMTS, HSDPA dan HSUPA.
Modem GSM mengekspos sebuah antarmuka yang memungkinkan aplikasi seperti nowsms untuk mengirim dan menerima pesan melalui antarmuka modem. Biaya operator seluler untuk pesan ini mengirim dan menerima seolah-olah itu dilakukan secara langsung pada ponsel. Untuk melakukan tugas ini, modem GSM harus mendukung sebuah "extended AT command set" untuk mengirim / menerima pesan SMS, sebagaimana didefinisikan dalam GSM ETSI 07,05 dan dan 3GPP TS 27,005 spesifikasi.
Modem GSM dapat menjadi cara yang cepat dan efisien untuk memulai dengan SMS, karena langganan khusus untuk penyedia layanan SMS tidak diperlukan. Di sebagian besar dunia, modem GSM adalah solusi efektif biaya untuk menerima pesan SMS, karena pengirim membayar untuk pengiriman pesan.
Modem GSM dapat menjadi perangkat modem yang berdedikasi dengan, serial USB atau koneksi Bluetooth, seperti Samba FALCOM 75. (Produsen lain perangkat modem GSM Wavecom didedikasikan termasuk, Multitech, dan iTegno Kami juga telah memeriksa sejumlah modem pada kami. blog dukungan teknis .) Untuk memulai, masukkan kartu SIM GSM ke modem dan hubungkan ke port USB yang tersedia pada komputer Anda.
Modem GSM juga bisa menjadi telepon GSM standar ponsel dengan kabel yang sesuai dan driver perangkat lunak untuk menghubungkan ke port serial atau port USB pada komputer Anda. Setiap ponsel yang mendukung "diperpanjang AT command set" untuk mengirim / menerima pesan SMS, sebagaimana didefinisikan dalam ETSI GSM 07,05 dan / atau 3GPP TS 27,005 , dapat didukung oleh SMS Gateway & MMS Sekarang. Perhatikan bahwa tidak semua ponsel mendukung antarmuka modem.
Karena beberapa masalah kompatibilitas yang dapat eksis dengan ponsel, menggunakan modem GSM khusus biasanya lebih disukai ke ponsel GSM. Ini lebih dari masalah dengan pesan MMS, di mana jika Anda ingin dapat menerima pesan masuk MMS dengan gateway, interface modem pada ponsel GSM paling hanya akan memungkinkan Anda untuk mengirim pesan MMS. Ini dimungkinkan karena telepon mobile secara otomatis menerima pemberitahuan proses pesan MMS tanpa forwarding mereka melalui antarmuka modem.
Hal ini juga harus dicatat bahwa tidak semua ponsel mendukung antarmuka modem untuk mengirim dan menerima pesan SMS. Secara khusus, kebanyakan ponsel pintar, termasuk Blackberry, iPhone, dan perangkat Windows Mobile, tidak mendukung antarmuka modem GSM untuk mengirim dan menerima pesan SMS pada semua sama sekali. Selain itu, ponsel Nokia yang menggunakan S60 (Series 60) antarmuka, yang berbasis Symbian, hanya mendukung pengiriman pesan SMS melalui antarmuka modem, dan tidak mendukung penerimaan SMS melalui antarmuka modem. 


1 komentar: