Jumat, 18 November 2011

Pengertian Modem

Pengertian Modem , di jaman yang telah semakin maju dengan semakin luasnya jangkauan layanan internet ke pelosok pelosok tanah air, pasti anda pernah atau sering mendengar istilah modem. Anda mungkin juga telah tahu bahwa agar komputer bisa tersambung ke jaringan internet harus ada perangkat keras yang disebut modem. Sebenarnya apa sih itu modem, bagaimana penjelasan lengkap tentang modem ? mengapa disebut dengan Modem ?
Istilah Modem merupakan singkatan dari dua kata yaitu Modulator dan Demodulato.
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog
Demodulator mempunyai fungsi kebalikan dari modulator (demodulasi), yaitu proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. Data yang berupa sinyal Analog diberubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa terbaca di komputer penerima.
Dan Modem merupakan penggabungan dari kedua sistem tersebut diatas, sehingga modem merupakan alat komunikasi dua arah.

Jenis jenis modem berdasarkan jaringan atau media
Berdasarkan jaringan atau media salurannya modem terdiri dari dua jenis, yaitu :

Modem kabel , merupakan modem untuk aksesnya menggunakan jaringan kabel, misalnya seperti jaringan kabel telepon. Modem kabel yang pada awalnya hanya ada yang eksternal (dihubungkan ke PC via kabel serial melalui port COMx yang menggunakan kabel DB-9 atau DB-25), beberapa tahun kemudian setelah modem menjadi kebutuhan pokok, mucullah modem internal (yang tertanam langsung di motherboard).
Pada periode 1990-an ditawarkan juga koneksi kabel digital dari sentral telepon ke rumah pelanggan menggunakn fiber-optik yang merupakan realisasi dari jaringan telepon ISDN (leased-line dengan kecepatan 144 kbps). Kemudian setelah tahun 2000, muncul teknologi baru pengganti fiber-optik yang dikenal dengan nama modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line: kabel pelanggan digital asimetrik). Koneksinya menggunakan modem digital di dua sisi yaitu sisi pelanggan dan sisi sentral telepon.
Selain menggunakan jaringan telepon, modem kabel juga bisa menggunakan jaringan TV kabel.

Modem Wireless
Teknologi wireless untuk akses data merupakan bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut modem, tetapi menggunakan istilah lain yang telah disepakati, seperti modem GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA.

PENGERTIAN MODEM
Modem adalah perangkat yang dapat menghubungkan laptop Anda dengan jaringan internet. Modem dapat berupa handphone ataupun berupa perangkat lain yang memang didesain khusus sebagai modem, salah satunya adalah mobile modem. Sifat dan mobile modem, antara lain menggunakan jaringan wireless sehingga dapat digunakan di manapun. Selain itu, karena memang didesain khusus untuk modem sehingga koneksi internet menjadi lebih mudah, cepat, dan stabil.
Saat mi banyak mobile modem yang beredar di pasaran dengan berbagai merk dan jenis (interface PCMCIA atau slot USB). Ada yang hanya mendukung salah satu jaringan (3G/35G only atau GPRS only) dan ada juga yang automatic, yaitu akan berpindah jaringan secara otomatis jika berada dalam jaringan 3G/35G maupun jaringan GPRS.
Modem berasal dan singkatan modulator-demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan. Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dan sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan balk. Modem merupakan penggabungan komponen keduanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, microwave radio, dan lain sebagainya. Umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dan komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikinimkan melalui beberapa media telekomunikasi, seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
Jenis-jenis Modem Secara Umum.
1. Modem Dial-Up
Modem dial-up atau yang biasa disebut dengan hubungan langsung ialah modem yang digunakan sebagai media koneksi internet melalui media kabel telepon. Pada umumnya modem jenis ini bersifat internal atau dipasang langsung pada motherboard.
2. Modem ADSL
Salah satu teknologi untuk terhubung ke jaringan internet adalah mengunakan modem jenis ADSL. Teknologi ADSL sebenarnya teknologi lama, tetapi terus diperbaharui untuk meningkatkan kecepatan transfer modem.
3. Modem CDMA
Modem CDMA merupakan jenis modem dengan sistem komunikasi Internet melalul jalur komunikasi CDMA (Code Division Multiple Access). Pada umumnya modem CDMA berbentuk seperti USB Flashdisk yang dapat digunakan sewaktu-waktu tanpa harus mengganggu kinerja komputer. Namun ponsel CDMA yang memliki fitur sebagai modem juga dapat digunakan sebagai modem komputer.
4. Modem GSM
Modem GSM memililki kesamaan dengan modem CDMA, yaitu komunikasi Internet dengan menggunakan jalur komunikasi GSM (Global System for Mobile Communication). Sama halnya seperti modem CDMA, modem GSM memiliki bentuk yang sama, yaitu berupa USB, PCMCIA, dan dapat pula menggunaka ponsel yang memiliki fitur sebagai modem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar